khasiat beras merah

khasiat beras merah

Beras Merah:

Beras merah telah dikenal sejak 2800 SM dan digunakan sebagai obat oleh para tabib pada masa itu. Warna merahnya berasal dari kulit ari yang mengandung gen yang memproduksi antioksidan-pigmen pemberi warna merah atau ungu yang juga berperan sebagai antioksidan.
Khasiat beras merah sebagai penangkal kanker tak perlu diragukan lagi. Rui Hai Liu, MD, Phd, dari Cornell University, Amerika Serikat, menyatakan bahwa dalam beras merah tersimpan beragam zat antikanker, diantaranya serat, selenium, dan senyawa fitokimia seperti fenolat dan lignan.
Beras merah memiliki kulit ari yang kaya serat dan asam lemak esensial, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL penyebab penyakit jantung. Kandungan vitaminnya 2-3 kali lebih banyak dari beras putih.
Tips : Simpanlah beras merah dalam wadah tertutup atau di lemari es

Khasiat Beras Merah Alami

1. Dikenal sejak tahun 2800 SM , oleh para tabib saat itu dipercaya memiliki nilai-nilai medis yang dapat memulihkan kembali rasa tenang dan damai.
2. Tepung beras merah pecah kulit dapat mencegah berbagai penyakit seperti kanker usus, batu ginjal, beri-beri, insomnia, sembelit, wasir, gula darah, dan kolesterol.
3. Kandungan karbohidrat pada beras merah lebih rendah daripada beras putih tetapi hasil analisis Nio (1992) menunjukkan nilai energi yang dihasilkan beras merah justru lebih tinggi daripada beras putih.
4. Memiliki kandungan protein yang lebih tinggi.
5. Memiliki kandungan tiamin yang tinggi. Kekurangan tiamin bisa mengganggu sistem saraf dan jantung, dalam keadaan berat dinamakan beri-beri, dengan gejala awal nafsu makan berkurang, gangguan pencernaan, sembelit, mudah lelah, semutan, jantung berdebar, dan refleks berkurang.
6. Fosfor yang terdapat pada beras merah penting untuk kesehatan tulang dan menghindarkan dari ancaman osteoporosis (pengeroposan tulang) yang mengincar kaum wanita.
7. Mengandung selenium yang termasuk elemen kelumit (trace element) dan merupakan bagian penting dari enzim glutation peroksidase yang berpotensi mampu untuk mencegah penyakit kanker dan penyakit degeneratif lainnya.
8. Mengandung banyak serat, yang mampu membantu kita merampingkan tubuh.

.

koment